Teknik Menulis Karya Tulis Menggunakan Openoffice.org Writer

Posted on Agustus 22, 2009

0


Senin, 2009 Juli 13

Sebelum anda mulai membuat karya tulis dengan OpenOffice.org Writer, siapkan lembaran kosong/naskah kosong dengan cara klik menu File > New atau menekan tombol Ctrl+N pada keyboard.

Pertama-tama, anda perlu membedakan penomoran halaman antara bagian awal (pengantar, daftar isi, daftar tabel, dsb), isi dan lampiran. Pada umumnya, karya tulis menggunakan metode penomoran sebagai berikut :

  • Bagian awal menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, …)

  • Bagian isi menggunakan penomoran angka biasa (1, 2, 3, 4, …)

  • Bagian lampiran tidak menggunakan penomoran

Untuk melakukan hal ini, anda harus membuat beberapa jenis layout halaman dengan cara klik menu Format > Styles and Formatting atau tekan tombol F11 pada keyboard. Maka akan muncul jendela kecil “Styles and formatting”. Pada jendela tersebut, klik ikon “Page style” pada bagian atas (ikon keempat dari kiri). Lalu klik kanan pada bagian kotak yang kosong dan klik “New”.

Pada tab “Organizer”, ketik nama layout pada kotak teks “Name”. Nama ini digunakan untuk identifikasi jenis layout. Selanjutnya, klik tab Page dan atur jenis penomoran halaman pada bagian “Format”. Kemudian, aktifkan footer untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah dengan membuka tab Footer dan klik “Footer on”. Anda bisa melakukan pengaturan yang lain menyangkut jenis layout halaman sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai, klik OK untuk membuat jenis layour halaman yang baru. Ulangi langkah ini untuk membuat jenis penomoran lainnya. Khusus untuk layout lampiran, anda mungkin tidak perlu menambahkan footer karena tidak menggunakan penomoran halaman.

Untuk menerapkan jenis layout, klik dua kali pada jenis layout yang diinginkan. Karena anda pertama kali menulis bagian awal dari karya tulis, pilih jenis layout yang sesuai dengan penomoran halaman awal (yang menggunakan format halaman i, ii, iii,…). Agar nomor halaman terlihat di footer, klik pada isi footer dan pilih menu Insert > Field > Page Number. Kemudian, ketik isi awalan dari karya tulis. Daftar isi bisa anda kosongkan karena akan dibuat secara otomatis menggunakan fitur yang sudah tersedia.

Setelah selesai mengerjakan bagian awal, sekarang anda bisa mengisi bagian isi dari karya tulis anda. Tentunya, anda harus mengubah jenis penomoran halaman dari format romawi ke angka biasa. Untuk melakukan hal ini, tempatkan kursor pada bagian akhir halaman awal, lalu klik menu Insert > Manual Break. Kemudian, pilih jenis layout halaman isi pada bagian “Styles”, lalu beri centang pada “Change page number” dan pastikan menggunakan angka 1 agar penomoran halaman diulang dari 1. Setelah selesai, klik tombol “OK”. Ingat!, sebelum mulai bekerja, tambahkan nomor halaman pada footer dengan cara klik bagian footer dan pilih menu Insert > Fields > Page Number. Kemudian anda bisa mengisi isi dari karya tulis seperti Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil Penelitian, dsb. Mungkin penulisan ini akan membutuhkan waktu berhari-hari atau berbulan-bulan lamanya bergantung pada isi dari karya tulis anda. Ingatlah selalu untuk menyimpan karya anda melalui menu File > Save atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.

Setelah anda selesai membuat isi, anda tentunya pasti akan membuat lampiran. Untuk melakukan hal ini, tempatkan kursor pada bagian akhir dari isi (mungkin di bagian akhir Daftar Pustaka), kemudian klik menu Insert > Manual Break. Pada “style”, pilih jenis layout untuk lampiran (yang tidak menggunakan penomoran halaman). Kemudian klik tombol “OK”. Pada halaman yang baru dibuat, ketik lampiran dari karya tulis anda.

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, anda harus memberi style paragraph tertentu untuk judul Bab dan Subbab. Anda bisa gunakan style “Heading 1” pada judul Bab dan “Heading 2” pada judul subbab. Jika anda ingin mengatur font dari Heading 1 dan Heading 2, silahkan manfaatkan fitur “Styles and Formatting” pada halaman “Paragraph Style”. Setelah semua Bab dan subbab diberi paragraph style Heading 1 dan 2, tempatkan kursor pada bagian daftar isi, kemudian klik menu Insert > Indexes and Table > Indexes and Table. Pada tab “Table of Contents”, beri judul daftar isi pada bagian “Title”. Selanjutnya, klik tombol “OK” untuk membuat daftar isi baru.

Langkah terakhir adalah membuat sampul dari karya tulis anda. Untuk membuat sampul, anda bisa membuat dokumen baru dengan cara klik menu File > New atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Untuk membuat garis pinggir pada sampul, klik menu Format > Page.

Pada tab borders, tentukan jenis garis border pada bagian “style”. Kemudian, untuk membuat garis tersebut menutupi isi, klik ikon berlambang kotak pada bagian “Line arrangement”. Selanjutnya, klik tombol “OK”. Sekarang, anda bisa mengisi dokumen yang baru dengan isi dari sampul karya tulis anda. Setelah selesai membuat, ingatlah untuk menyimpan dokumen tersebut.

Untuk mencetak karya tulis anda, klik menu File > Print pada dokumen karya tulis dan sampul. Tentukan parameter pencetakan seperti copy, page range, dsb. sesuai dengan keinginan anda, kemudian klik tombol “OK”.

NB. Artikel ini merupakan hasil copy-paste dari beberapa bagian Buku Panduan BlankOn 5.0 yang batal dimasukkan, semoga artikel ini membantu yang ingin menuliskan karya tulis :-)

About these ads
Posted in: Tak Berkategori